Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

INDONESIA… Hari Penuaian TUHAN tiba! Sekitar 1.300 remaja Indonesia menjawab panggilan Tuhan menjadi hamba-Nya dalam KKR Remaja malam ini. Khotbah yang sangat berkuasa malam ini… Doktrin Allah. Allah yang tidak kelihatan, Allah yang mewahyukan Kitab Suci, dan Allah Tritunggal. Hal ini adalah ajaran-ajaran paling dasar dalam iman Kristen.

Kita sudah belajar mengenai Allah Anak. Ia lahir menjadi terang bagi semua orang yang lahir di dunia ini. Semua orang perlu terang dari Yesus. Terang Yesus diperlukan untuk semua orang, termasuk yang di Perjanjian Lama. Yesus masuk ke dunia ini dan lalu pergi dari dunia ini kembali pada Allah Bapa. Ada satu jalan dengan dua lalu lintas. Datang dari sana dan kembali ke sana. Hanya Yesus yang bisa lewat jalan itu. Elia pergi ke Bapa tanpa mati. Henokh juga tidak mati, keduanya hanya lalu lintas satu arah. Yesus satu-satunya yang bisa melalui jalan dua arah. Yesus berkata, “Aku adalah jalan, kebenaran, dan hidup”.

Agama paling penting ada di Asia. Eropa menghasilkan filsafat. Semua pemikiran epistemologi penting ada di Eropa. Eropa mencari kebenaran. Asia mencari jalan. Di dalam kedua hal itu, Yesus berkata “are you seeking the way?” Di sini Yesus berkata “I am the way.” Are you seeking the truth? Yesus berkata “I am the truth.” Dialah Kebenaran yang menjadi wahyu Tuhan yang tertinggi.

Tidak ada orang bisa mendapat jalan itu. Filsafat yang mencari kebenaran itu tidak mungkin dapat. Karena otak manusia terbatas dan terpolusi oleh dosa. Sehingga tidak bisa berpikir dan kembali kepada Tuhan.

Otak manusia itu created, limited, and polluted. Jalan agama tidak mencapai Allah, tidak ada kebenaran untuk mengerti kebenaran Allah. Harus pewahyuan oleh Roh Kudus untuk membuka jalan ini. Ini adalah kunci perbedaan orang yang bersandar kepada Tuhan dengan yang bersandar pada pengertian diri.

Saya tidak berani sembarang menghina orang miskin, tidak bersekolah tinggi. Banyak yang tidak sekolah punya bijaksana tinggi sekali. Ada budak yang tulis buku yang memengaruhi presiden, bahkan orang-orang pandai, berjudul “Fable of Aesop”. Aesop adalah budak yang dipukuli tapi dia pintar sekali. Jangan hina orang miskin, karena mereka mungkin punya bijaksana. Banyak orang penting berasal dari kota kecil.

Waktu Tuhan berkata “I am the way,” berarti engkau yang cari jalan di agama, engkau hanya akan menemukan gang buntu. Waktu Tuhan berkata “I am the truth”, berarti engkau yang cari kebenaran, tidak akan mungkin menemukannya di luar Yesus. Waktu Tuhan berkata “I am the life”, itu adalah puncak dari segalanya. Semua pendiri agama mati, semua filsuf mati, tapi Yesus adalah satu-satunya yang sudah mati dan bangkit pula. Yesus menjamin hidup yang kekal bagi kita.

Semua filsuf terbesar sudah mati. Confucius, Mohammad, Nabi Yeremia, semua mati. Hanya Yesus yang sudah mati dan bangkit lagi. Yesus mati karena menjadi manusia. Manusia bisa dibunuh, dikutuk, dan berhenti nafas, karena ia memiliki tubuh. Tapi setelah mati Ia bangkit, oleh karena itu jika Yesus bukan Allah, Ia tidak mungkin bangkit. Manusia kalau mau kembali pada Allah harus lewat Yesus.

Injil adalah Kristus mati mengganti kita sebagai manusia. Kristus yang bangkit sebagai Allah adalah untuk menyelamatkan umat manusia. Inilah satu-satunya Juruselamat, yang beri hidup kekal. Satu-satunya jalan menuju Allah. Dengarlah, Yesus berkata bahwa tidak ada jalan lain kecuali lewat Yesus. Yesus pernah berkata di Wahyu, Aku pernah mati, dan sekarang Aku hidup, dan Aku hidup selama-lamanya. Kalau ada orang bilang aku pernah mati. Pasti kamu lari karena ia mungkin hantu. Tapi Yesus berkata sekarang Aku hidup selama-lamanya. Aku pernah mati tapi tidak dikalahkan maut, dan tubuh-Ku tidak rusak. Yesus adalah satu-satunya Juruselamat.

Agustinus berkata “Aku beriman supaya aku mengetahui, aku mengetahui supaya aku lebih beriman.” Itu adalah iman orang Kristen. Engkau harus mengetahui siapa yang engkau percaya, dan setelah engkau percaya maka engkau akan menuju kepada iman yang lebih berakar dan lebih bertanggung jawab.

Sumber : sekilas-kin-2015-05.pdf

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube