Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Maryam MirzakhaniPada Agustus 2014 lalu Maryam Mirzakhani berhasil menjadi perempuan pertama yang menerima nobel matematika. Maryam terpilih untuk mendapatkan nobel ini karena teorinya tentang permukaan Riemann dan ruang moduli.

Medali di bidang matematika ini diberikan setiap empat tahun sekali untuk orang-orang berusia di bawah 40 tahun yang memiliki masa depan cerah di bidangnya. Dengan terpilihnya Maryam, sekarang sudah ada 54 pria yang mendapatkan nobel ini dan 1 perempuan penerima nobel.

Banyak orang yang merasa bahwa pencapaian Maryam ini adalah simbol perubahan. Maryam sendiri berkata bahwa ia akan merasa sangat senang bila kemenangannya ini mendorong para ilmuwan dan matematikawan perempuan untuk lebih maju.

Christiane Rousseau, wakil presiden dari International Mathematics Union, berkata bahwa ini adalah momen yang sangat luar biasa dan perayaan besar bagi perempuan. Christiane bahkan membandingkan pencapaian Maryam ini dengan Marie Curie saat mendapatkan nobel di bidang fisika dan kimia.

Seorang profesor matematika asal Kanada, Izabella Laba, berkata bahwa kemenangan Maryam ini meyakinkan semua orang bahwa memang perempuan sama hebatnya dengan laki-laki dalam melakukan riset matematika. Izabella sendiri tak pernah meragukan hal itu sejak dulu.

5 Hal tentang Maryam Mirzakhani  :

  • Maryam Mirzakhani adalah seorang wanita berbangsa Iran dilahirkan pada tahun 1977 dan dibesarkan di Teheran.
  • Pada awalnya, Maryam berhasrat untuk menjadi seorang penulis. Namun impiannya berubah setelah beliau memasuki alam persekolahan menengah. Kecenderungannya menyelesaikan permasalahan matematik telah mengubah pandangan Maryam.
  • Pada tahun 1994 dan 1995, Maryam telah memenangi medal emas di dalam  International Math Olympiads. Menariknya, Maryam telah meraih nilai penuh bagi pertandingan yang diadakan pada tahun 1995.
  • Maryam merupakan lulusan salah satu universitas tersohor dunia, yaitu Universitas Harvard untuk ijazah kedoktoran falsafahnya.
  • Maryam kini merupakan seorang profesor matematik di Standford di mana beliau sedang menetap bersama suami dan anak perempuan yang berusia tiga tahun.

Sumber : https://bangka.tribunnews.com & https://www.thevocket.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
Facebooktwitterlinkedinrssyoutube