Obama & Joe BidenPada tanggal 20 Januari, seusai inagurasi Donald Trump, keluarga Obama pindah ke rumah sewaan setelah menghabiskan delapan tahun tinggal di Gedung Putih.

Keluarga Obama tidak memiliki rumah hingga saat ini. Juga, Obama membayar sendiri pengeluaran belanja kebutuhan rumah tangganya, mulai dari tapal gigi hingga tisu wc, wasrei dll. Liburan keluarga juga bukan gratisan.

Demikian pula, seusai upacara, mantan Wakil Presiden Joe Biden, menenteng tas kantornya, dan pulang ke rumahnya di Wilmington dengan menumpang keretaapi Amtrak Acela Express. Kasihan mereka bukan?

Begitulah teladan pribadi yang berintegritas dari dua mantan pemangku jabatan publik tertinggi dari negara adikuasa.

Biden memangku jabatan publik selama 43 tahun menyusul pemilihan pertama yang dimenangkannya sebagai Senator pada usia 29 tahun. Meskipun telah menjabat selama 35 tahun dalam Senat plus delapan tahun sebagai Wakil Presiden Biden tidak lagi mampu melunasi mahalnya biaya perawatan kanker bagi anaknya.

Siapakah anak Joe Biden? Namanya Beau Biden, bekas Jaksa Agung dari Negara Bagian Delaware. Dia juga veteran perang Irak sebelum menjabat Jaksa Agung. Beau meninggal saat usia 46 tahun karena kanker otak.

Biaya perawatan kanker telah menguras seluruh tabungan Beau. Lalu datanglah sang ayah untuk membantu. Sayang sekali, jumlahnya tetap tidak memadai.

Ketika Joe merencanakan menjual rumahnya untuk menutup tagihan perawatan anaknya, Presiden Obama rela meminjamkan dana dari tabungan pribadinya. Dengan demikian sahabatnya tidak perlu menjual rumahnya.

Biden menceritakan kisah pribadinya yang memilukan hati itu di hadapan para pemirsa TV hingga mencucurkan air matanya. Sayang sekali putera kesayangannya meninggal sekalipun sang ayah telah memberikan yang terbaik baginya.

Baik Obama maupun Biden tidak menyombongkan uang yang berlimpah, rumah, dan mobil yang banyak, dikawal oleh petugas sekuriti yang masif setelah tidak lagi menjabat posisi puncak. Dengan tegap, mereka berjalan meninggalkan rumah jabatan. Obama pulang ke rumah sewaan dan Biden pulang menggunakan sarana transportasi umum.

Sumber :  https://intisari-online.com/Inspiration/Tell-Your-Story/Wahai-Politisi-Indonesia-Belajarlah-Integritas-Dari-Joe-Biden-Ini