Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Ada seorang petani yang punya seekor anjing yang sering duduk di pinggir jalan dan menunggu kendaraan lewat. Begitu ada mobil yang lewat, anjing itu biasanya langsung lari dan mengejarnya sambil terus menggonggong.

Suatu hari, seorang tetangga itu bertanya pada petani tersebut “Apakah menurutmu anjing itu suatu saat akan berhasil menangkap sebuah mobil yang dikejarnya?”

Petani itu menjawab, “Bukan itu yang saya khawatirkan. Apa yang mengganggu pikiran saya adalah apa yang akan dia lakukan jika ia bisa mendapatkan satu mobil saja?”

Banyak orang terkadang bertingkah seperti anjing itu dalam hidupnya, mengejar sesuatu tanpa tujuan yang jelas. Jika kita mengejar sesuatu atau sebuah target, maka kita harus memiliki tujuan yang jelas. Ini bisa kita lakukan dengan cara SMART (bijak/pintar), yaitu dengan:

  • Specific – spesifik, terinci. Buatlah sebuah tujuan yang jelas dan terperinci. Jangan hanya gambaran umum, buatlah serinci mungkin.
  • Measurable – dapat diukur. Jika kita tidak dapat mengukurnya, kita tidak akan pernah dapat mencapainya. Ukuran adalah sebuah cara untuk kita memonitor apakah kita telah melakukan sebuah kemajuan atau tidak.
  • Achievable – dapat diraih. Ini artinya bahwa target kita adalah sesuatu yang bisa di raih dan cukup menantang untuk meraihnya.
  • Realistic – realistis. Jika kita mencoba menjadi seorang milyader dalam waktu hanya satu bulan, hal seperti ini bukanlah sesuatu yang realistis.
  • Time bound – ada tenggat waktu. Kita harus membuat tenggat waktu, dari tanggal memulainya hingga tanggal pencapaiannya. Tanpa tenggat waktu, kita tidak akan memiliki motivasi dan disiplin dalam mencapainya.

Sumber : https://intisari-online.com/Inspiration/Tell-Your-Story/Berpikir-Dengan-Bijak

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
Facebooktwitterlinkedinrssyoutube