samuraiSeorang Samurai, seorang prajurit yang sangat bangga pada dirinya, datang untuk bertemu Guru Zen pada suatu hari. Samurai ini sangat terkenal, tapi melihat keindahan Guru Zen dalam memainkan samurainya pada saat itu, tiba-tiba ia merasa rendah diri.

Ia berkata kepada Guru Zen, “Mengapa saya merasa rendah diri? Padahal beberapa saat yang lalu segalanya  baik-baik saja. Ketika saya memasuki pertapaan Anda, tiba-tiba saya merasa rendah diri. Saya tidak pernah merasa seperti ini sebelumnya. Saya telah menghadapi berkali-kali, dan saya tidak pernah merasa seperti itu sebelumnya. Saya telah menghadapi berkali-kali dan saya tidak pernah merasa takut, tapi kenapa sekarang saya takut?”

Kata Guru Zen, “Tunggu. Ketika orang lain telah pergi, aku akan menjawabnya.”

Orang-orang terus berdatangan sepanjang hari untuk bertemu dengan Guru Zen, dan samurai itu semakin lelah menunggu. Ketika malam tiba dan ruangan itu kosong, samurai itu berkata, “Sekarang, Anda bisa menjawab saya?”

Guru Zen berkata, “Ayo, ke luar.”

Saat itu bulan purnama, dan bulan setinggi horison. Lalu Guru Zen berkata, “Lihatlah pohon-pohon ini. Pohon ini setinggi langit dan satu kecil di sampingnya. Mereka berdua telah ada di samping jendela rumahku selama bertahun-tahun, dan tidak pernah ada masalah. Pohon kecil itu tidak pernah mengatakan kepada pohon besar, ‘Mengapa saya merasa rendah diri pada Anda?’ Pohon ini kecil dan pohon itu besar, ‘Mengapa saya tidak pernah mendengar bisikan itu?’”

Samurai itu menjawab, “Karena mereka tidak bisa dibandingkan.”

Guru itu menjawab, “Jadi, Anda tidak perlu bertanya padaku. Anda sudah tahu jawabannya.”

Jadi, mengapa kita harus membandingkan diri dengan orang lain? Setiap pribadi itu unik.

Sumber : https://intisari-online.com/Inspiration/Tell-Your-Story/Mengapa-Harus-Membandingkan-Diri-Dengan-Orang-Lain-Dan-Mengapa-Merasa-Rendah-Diri