Tong StephenAllah menciptakan manusia menurut peta dan teladanNya. Dalam kitab suci agama lain tak ada konsep manusia sebagai peta dan teladan Allah. Juga dalam kitab dan kebudayaan lain tak ada. Jika kau abaikan kitab suci, kau akan rugi luar biasa, tak tau dimana sumbermu. Allah yang adil, semua sifat Ilahi adalah sumber sifat kita. Tak kenal Tuhan tak kenal diri. Tak kenal diri tak kenal sifat Tuhan.

Manusia anggap diri sudah tau segala sesuatu, karena pengetahuan….. Mengapa Allah sebut diri sebagai kita? Allah itu Esa. Mengapa? Sesungguhnya kristalisasi wahyu Allah = Allah Tritunggal. Allah yang Esa adalah Allah Tritunggal, bukan tiga Allah. Keesaan Allah bukan berarti allah satu pribadi. Waktu tiga pribadi berkomunitas menjadi dasar cinta kasih. Percaya Allah Tritunggal menjadi dasar relasi antar pribadi. Cinta kasih yang mengeratkan hubungan antar pribadi.

Tak ada doktrin yang lebih praktis dari doktrin ini. Tanpa pengertian Allah Tritunggal tak akan mengetahui Allah yang berkomunikasi. Jika cinta Allah kekal, sebelum Dia menciptakan manusia, siapa yang Dia cintai? Allah Bapa cintai Allah Anak, Allah Bapa cintai Allah Roh Kudus, Allah Roh Kudus cintai Allah Anak, Allah Anak cintai Allah Roh Kudus, Allah Roh Kudus cintai Allah Bapa, Allah Anak cintai Allah Bapa. Relasi cinta antar pribadi jadi penting.

Saudara mengharapkan di luar agama Kristen bisa mengasihi? tidak mungkin! Orang Yahudi dan Arab tak bisa saling mengasihi. Dalam Islam tak ada saling mengasihi. Allah Bapa, Allah Anak, Allah Roh Kudus menjadi kemungkinan mutlak Allah berkomunitas. Justru disitu terletak kemungkinan manusia hidup mencintai manusia lain. Interpersonal relationship terjadi .

Sebelum manusia menegaskan interpersonal relationship, ribuan tahun yang lalu Allah sudah menyatakan batu penjuru. Dalam buku “Peta dan teladan Allah” ada banyak dasar. Dalam Kitab Mazmur 8:6 (8-7) Engkau membuat dia berkuasa atas buatan tangan-Mu; segala-galanya telah Kauletakkan di bawah kakinya”

Mazmur berkata : Allah memahkotai Adam, manusia dengan mahkota dan hormat. Kedua istilah ini tak ada definisinya. Kita tak tau apa arti kehormatan. Orang mulia dan tidak mulia bagaimana bisa diidentifikasi?

Orang yang pakai baju indah, tetapi untuk melacur di waktu malam. Kemuliaan diukur dari materi yang mahal, tapi malam melacur. Banyak kemuliaan diidentifikasi dengan materi. Orang yang keliatan sehat tampan, mungkin seorang pencuri atau perampok. Apakah arti kehormatan dan kemuliaan Tuhan?

Ada dua definisi yang sangat pendek, yang membahas arti kehormatan dan kemuliaan. Dalam Mazmur, manusia dimahkkotai dengan hormat. Manusia adalah satu-satunya mahluk yang bisa menilai. Manusia adalah satu-satunya yang bisa memancarkan sifat ilahi moral Tuhan. Kemuliaan adalah suatu cahaya, suatu pencerahan. Kenapa cincinmu terbuat dari emas bukan dari arang? Karena mereka punya persamaan merefleksikan cahaya. Semua yang merefleksikan cahaya dianggap manusia bernilai.

Kebajikan ilahi adalah moral Tuhan dalam peta dan gambarnya. Manusia satu-satunya mahluk yang bisa menilai. Mengapa engkau lihat seseorang begitu salut dan hormat tapi ada juga yang meludah? Makin tinggi makin dihormati.

Karena Allah adalah nilai tertinggi, hanya sembah sujud pada dia. Allah sang pencipta, tertinggi. Berikan kehormatan tertinggi pada yang tertinggi. Presiden jenderal, tak ada manusia yang boleh ditinggikan lebih dari Allah. Ada orang yang melecehkan Tuhan, memakai nama Allah membunuh orang lebih rusak dari binatang. Orang yang hormati Tuhan tak mungkin tidak hormat sesama.Karena  kita hormat, menghargai orang lain, kita merendahkan yang remeh, menghina yang kotor dan najis. Biar kita bisa bedakan yang mulia dan yang tak beres. Lalu hidup sesuai klasifikasi yang benar untuk menjalankan kehendak Tuhan. Let God be God!

Klasifikasi dengan jelas! Tahukah engkau diberi kehormatan agar hidup dalam kehormatan? Engkau harus hidup dalam hormat, beres sesuai klasifikasi yang ditetapkan oleh Tuhan. Bukan saja klasifikasi beres, kita harus hidup mengerti apa itu kemuliaan. Seorang ikut pertandingan, menjadi juara diberi tepuk tangan. Dia mulia karena telah pakai potensinya. Tapi orang yang tak kembangkan potensi, berzina, berdosa, judi, minum keras, seluruh badan penuh dosa. Orang melihat dia perlu dipermalukan. Bagaimana engkau menjadi mulia?

Jika saya hidup suci, hidup benar, orang melihat Tuhan berada dalam kehadiranmu, terefleksi. Apakah setelah engkau terima Yesus menjadi berubah, merefleksikan cinta kasih, keadilan Tuhan seperti apa?

Anak kecil suatu hari liat orang di kapal yang sedang menanti pulau dihadapannya dituju dengan semangat. Anak tersebut panggil papanya dan bilang ia telah melihat Tuhan Yesus. Ternyata orang itu misionaris, yang ingin mengabarkan injil ke pulau tersebut. Waktu papanya melihat, ia sadar, apa yang dilihat anak kecil itu? Misionaris itu sungguh-sungguh mencintai Tuhan, merefleksikan cinta Tuhan. Anak tersebut senang sekali papanya mengobrol dengan “Yesus”.

Bolehkah saya berseru? Kamu juga mungkin merefleksikan Yesus, karena engkau dicipta mulia. Dan Setan akan merebut kemuliaan itu. Dan saat ini saya akan menanyakan? Maukah engkau kembali, Allah memahkotai manusia dengan mulia dan hormat? Dimana kemuliaan itu sekarang?

Dalam Roma pasal 3 “karena semua telah berdosa, sehingga mengurangi kemuliaan Allah.” Kemuliaan apa yang seharusnya kita nyatakan sesungguhnya? Kemuliaan yg palsu? Kemuliaan Allah. Jika kemuliaan sejati sudah hilang. Martin Luther berkata : tak ada seorang tau peta dan teladan Allah itu seperti apa karena sudah hilang. Tapi Calvin berkata: peta dan teladan Allah tidak hilang tapi rusak. Dalam kitab suci kita menerima yang asli.

Kita mahluk mulia tapi kejatuhan telah merusak semua ini. Di Vietnam saya melihat anak-anak muda yang cantik. Ketika saya tanyakan siapa mereka ternyata itu anak-anak hasil perempuan Vietnam yang diperkosa tentara Amerika. Mereka menjadi anak yang tak diinginkan. Anak itu menjadi besar dan cantik, tapi ada ortu yang tak mau, ada yang jadi gila. Ada yang anaknya dibuang, dibesarkan orang lain. Ini yg masih hidup, diterima oleh orang lain, yang ingin mereka hidup, tapi bukan mencintai mereka tapi agar kelak dijadikan pelacur. Saya begitu down. Manusia begitu dermawan tapi motivasinya jahat.

Mari kita akui satu hal, manusia mahluk paling hormat tapi sudah memgalami kerusakan. Pelacur cantik, anak muda yg pintar, ganteng, semua salah gunakan potensinya. Celakalah engkau yg cantik, sehat, kaya, menjual diri, mempermainkan hidup, mempermainkan uang. Saya berseru , bertobatlah kamu!

Firman Tuhan itu adil, suci, lurus, akan membenarkan, menyucikan, meluruskan. Firman Tuhan akan menyatakan kesalahan kita. Mari KKR ini bukan untuk menambah pengetahuan. Kita akui manusia mulia tapi harus diakui kejatuhan telah meniadakan semua kemuliaan. Tak peduli berapa hebat bila sudah jatuh, engkau hancur.

Ketahuilah karena kehormatanmu sudah hancur. Kita sudah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah. Tuhan tidak menginginkan orang berdosa binasa. Maka ia mengutus anakNya. Konsep penebusan tak ada dalam agama lain. Satu-satunya berita tentang keselamatan, penebusan hanya ada dalam kitab suci. Di luar Yesus tak ada keselamatan. Di luar darah Yesus tidak ada pengampunan dosa. Tak ada pendiri agama mati untuk pengikutnya. Yesus Kristus mati untukseluruh dunia. Penebusan menjadi realita.

Penebusan terjadi dengan Allah sendiri, menebus seluruh dunia. Pendiri agama lainnya hidup berdosa, kecuali Tuhan Allah menebus dosa, tak ada seorang dapat diselamatkan. Allah mengatakan dosa tak bisa diampuni begitu saja kecuali ada pengganti. Disini kita melihat subtitusi. Saya berbuat dosa, upah dosa adalah maut, engkau berdosa, engkau mati. Pendiri agama berdosa, mereka mati. No one can escape, avoid the death! Tak ada satu orang bisa kompromi meloloskan diri dari penghakiman. Semua manusia berdosa dan harus dihakimi.

Suatu hari seorang anak cerdas berumur 14 tahun tanyakan saya satu hal. Pak Tong, lagu bapak mengatakan: “Dosa tak boleh masuk (2x) sorga tempat yang tinggi, ada Bapa yg suci. Dosa tak boleh masuk.” Benarkah Tuhan Allah tak ijinkan manusia berdosa masuk sorga? Jika begitu waktu saya percaya Yesus Kristus, dosa saya dikemanakan? Jika dosa seluruh dunia, dikumpulkan dan ditumpuk ditindaskan pada Yesus menurut Yesaya 53 ayat 10: “Sebab kesengsaraan kitalah yang dipikulnya.”

Betulkah demikian? Kalau begini Yesus menanggung dosa kita. Dengan seluruh dosa kita ditimpakan pada Yesus, apakah Yesus bisa masuk ke sorga atau tidak? Anak ini menanyakan pertanyaan yang tidak pernah saya pikirkan. Lalu saya berkata kepadanya: “Silahkan duduk. Dalam matematika kalau 100,000 dikurangi 99,000? Ada sisanya 1,000 bukan? Tahukah kamu bilangan tak terhingga? Anak itu menjawab “tahu”. Jika bilangan tak terhingga dikurangi 10,000 sisa berapa? Tak terhingga.

Itulah jawaban pertanyaanmu. KARENA YESUS PUNYA HIDUP YANG TAK TERHINGGA , MESKIPUN SELURUH DOSA DITIMPAKAN KEPADANYA, DIA TETAP TAK TERHINGGA!

Jika yesus hanya manusia, dia hanya bisa membayar hutang dosanya sendiri. Semua pendiri agama berada di kuburan karena mereka kalah atas maut! Yesus mengalahkan seluruh maut dan dosa. Yang tak terhingga, tetap tak terhingga! Jika Yesus Kristus hanya Allah, Dia tidak bisa menebus dosa. Jika Ia tak berdaging darah, dia tak bisa menebus dosa dalam tubuhnya. Alkitab mengatakan Yesus Kristus adalah Firman yang menjadi daging, Firman yang menjadi manusia.

Kita pernah letih, susah, tersendiri, difitnah, dia mengalami susah juga. Dia mengalami hal yang sama. Dia sengaja menjadi manusia agar kita tahu dia rela menjadi manusia untuk mengerti keadaan kita, manusia. Segala penderitaan kita DialamiNya. Maka saat DIA memikul dosa kita, Ia berkata mengapa Allah meninggalkan aku?

Yang tak terhingga menelan habis yang terhingga! Yesus Kristus bangkit karena HIDUP YANG TIDAK TERHINGGA TAK BISA DITELAN OLEH MAUT YANG TERHINGGA. 1 Kor 15 mengatakan “Yesus bangkit maka kematian tak bisa memusnahkan Kristus”.

John Owen mengatakan: “kematian Kristus adalah kematian yang mematikan semua kematian”. The death of Christ put all deaths to death. Jangan sombong karena engkau manusia yang mulia dan hormat. Dosa telah menghancurkan semua kemuliaan dan hormat. Allah menjadi manusia. Yang mulia berani dipermalukan, yang tak terbatas menjadi terbatas.

Seorang perempuan Amerika menulis syair “cross is forever my glory.” Salib yg menelanjangi manusia yang remeh. “the cross of jesus is always my glory.” Inilah injil. Melalui salib IA menyatakan IA mengalahkan kuasa maut yaitu Iblis. Jika Yesus tak dipaku disalib tak ada pengampunan dosa. Kita semua menerima keampunan Allah karena anak Allah pernah dibuang.

My God why have you forsaken Christ? Karena Kristus sedang menanggung dosaku. Kiranya kasih Tuhan membasahi memenuhi hidupmu. Adakah orang yang mau setia sampai mati ikut Tuhan , meninggalkan dosa mari berdiri dan maju ke depan.

.

Share Catatan Kotbah Pdt.Dr Stephen Tong – KKR UMUM JAKARTA 15 NOVEMBER 2014 “KEHORMATAN, KEJATUHAN & PENEBUSAN MANUSIA” : https://www.facebook.com/notes/10153391155733677/