Dr Stephen TongBersamaan dengan baptisan kudus, Sidi & atestasi, menjadi orang Kristen berarti mengumumkan pada setan dan dunia bahwa hidup kita bukan milik kita lagi. Bersyukur kepada Tuhan atas Seminar Pembinaan Iman Kristen (SPIK) kemarin. SPIK mulai tahun 1984, dihadiri  1200 orang. Dalam 3,5 tahun ada 10 doktrin besar selesai dalam SPIK ini. SPIK ini akan disusun dalam kaset. 40 tahun lalu ada pendeta ajarkan doktrin tidak penting, yang penting kuasa. Saya sadar doktrin tidak penting bagi mereka yang tidak pentingkan iman tapi pengalaman. Dalam 40 tahun penyimpangan makin lama makin banyak, pemuda tinggalkan iman, sensasi, pengalaman, kedagingan saja. Kita bersyukur pemuda yang banting setir di tengah-tengah kita, dari karismatik adalah Pdt. Ivan. Saya undang dia maju ke depan sampaikan pandangan tentang Karismatik.

Pdt. Ivan: Karismatik jawaban untuk gereja yang terimbas liberal. Mereka percaya Alkitab , mengutamakan Kristus. Waktu saya ke Jakarta baru menyadari kekurangan & kelemahan karismatik. Jika seorang baik, baik itu dari mana? Wizard of oz, penyihir mengubah orang. Apakah sodara hanya mau menjadi baik, tak peduli apa pun kebenarannya? Ajaran Reformed memiliki ajaran yang ketat dan prinsip yang baik. Data riil,  buku yang rubah saya. Pak Tong  pernah kritik Benny Hinn. Benny Hinn tak percaya Allah Tritunggal, dia ajarkan 9 tunggal. Benny Hinn katakan, doa Ayub = doa setan, Ayub seharusnya klaim Tuhan akan kembalikan hartanya. Ada begitu banyak kebohongan sehingga saya putuskan saya mau yang berdasarkan kebenaran Tuhan.

Stephen Tong : saya dari gereja yang protestan menuju liberal, lalu ditangkap oleh Pantekosta. Soal yang penting adalah kembali kepada iman yang benar. Di situ dipakai Tuhan luar biasa. Semua yang benar tak tentu diterima. Kiranya lebih banyak orang dibangkitkan di dalam iman yang benar. Kita sangat menyayangi anak muda yang kembali pada Tuhan. Yang muda harus dibangkitkan.

Lebih 4 bulan kita telah membahas doa bapa kami, adakah perubahan dalam arah hidupmu? Jika kita tidak berubah setelah dengar Firman Tuhan mungkin kita makin munafik seperti orang Farisi yang jauh dari pertolongan Tuhan.

Kita uraikan lagi kali terakhir doa yang dinyatakan Yesus Kristus. Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Kalimat penting menekankan pertanggungjawaban, kita berdoa pada Tuhan dan menutup dengan kalimat yang begitu indah. Hal ini menelusuri pada seluruh doa, berpusat pada Bapa yg menguasai. Jika betul-betul dalam mental kita berpusat pada Allah, maka doa ini menjadi beres.

Minggu lalu kita sudah menyinggung kerajaan dari Tuhan. Karena Allah pemilik, mengapa Yesus menolak penawaran kekayaan seluruh dunia dari iblis? Karena Yesus tahu ini penipuan. Karena iblis bukan pemilik maka tak bisa memberikan kekayaan dan kemuliaan yang adalah milik Tuhan Allah.

Konsep bahwa segala sesuatu milik Tuhan Allah menjadikan kita tak dapat ditipu dunia ini. Banyak orang mulai kompromi, goyang ekor pada setan. Ketika Daniel tolak tunduk sembah Nebukadnezar, ia tahu kuasa bukan milik raja, tapi kuasa sejati punya Allah. Doa pada dewa supaya kaya lancar, apakah kau kira yang kau minta milik dewa? Apakah kekayaan dimiliki oleh sam po kong? Why you pray to them? Mengapa engkau berdoa kepada mereka? Apakah mereka yang memiliknya?

Engkau meminta kepada yang tidak memiliki. Jika agama-agama lain meminta segala sesuatu yang bukan milik tuhannya, ada dua hal. Mereka sedang mengungkap egois diri mereka, orang Kristen bukan harus punya mentalitas seperti ini. Jika kemakmuran kesuksesan milik Tuhan, mengapa Tuhan kasih kepada orang tertentu lebih besar tidak pada yg lain? Engkau kaya jangan sombong karena mungkin kekayaan sebagian dari Tuhan, dan dari setan.

Uang yang didapat dari segala ketidakjujuran berasal dari Setan. Setan tak mungkin menginvestasi kebaikan dalam diri manusia. Segala yang dikerjakan iblis selalu punya tujuan yang tersembunyi. Setelah engkau kaya, dia menunggu untuk mengambil sesuatu dari mu.

Orang yang menghitung untung saja, terjerumus dari menghitung apa yg rugi. Alladin pilih lampu kuno. What you gain and loss you never count. Setan memberi keuntungan tapi merebut jiwamu, tapi kau tak peduli. Dokter Faustus pentingkan dan minta kaya pada setan dan jiwanya diambil. Hector Berlioz dalam karyanya the damnation of the Faustus pada bagian akhir dengan dramatis menggambarkan Dokter Faustus dikejar setan hingga ke neraka. Satu bijaksana yang begitu besar. Saya begitu kagum Kebudayaan dan filsafat yang cemerlang. Do you know what you loss is more important than what you gain? What you loss is unlimited, what you gain is limited. Engkau hanya hitung apa yang Setan beri kepadamu.

Alkitab berkata : Yesus Kristus adalah kapten keselamatan kita. Ia tak kompromi sekalimat pun dengan setan. Enyahlah engkau! Yesus yang menolak setan. Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. (Dalam Alkitab bahasa mandarin, diterjemahkan karena kuasa, dan kerajaan dan kemuliaan SEMUANYA adalah milikMu.) Jikalau engkau mengerti ini mengapa skeptik? bimbang? seolah-olah Ia tak mengerti kebutuhanmu. Jika engkau sungguh kerjakan kehendak Tuhan, masak ia biarkan kau telantar?

Kenapa sebagian orang begitu kaya? Sebagian begitu miskin? Yang kaya renungkan apakah hubungan saya dengan kekayaan. Yang miskin renungkan apa hubungan saya dan kemiskinan.Orang kaya dan Miskin beberapa tahun lagi akan meninggal dunia. Alkitab menyinggung nama orang miskin, nama orang kaya tidak disebut. Yesus berkata seorang kaya sekali dimintai pengemis namanya Lazarus. Guru sekolah minggu bilang Lazarus yang miskin ke surga, yang kaya ke neraka. Lalu tanya dua pertanyaan: “Siapa mau jadi orang kaya?” & “Siapa mau jadi Lazarus”. Seorang anak dua kali angkat tangan di kedua pertanyaan itu. Guru tanya mengapa angkat tangan dua kali? Jawab si anak “waktu hidup ingin seperti orang kaya, waktu mati mau jadi Lazarus” . Orang kaya itu tak ada disebut namanya. Jika kamu diberi kaya, harus benar-benar tahu kekayaan itu darimana.

Orang seperti Benny Hinn tak mengerti pengajaran ini. Alkitab ajarkan kematian orang kudus sangat berharga lebih dari uang. Allah mengukur kemiskinan orang suci sangat berharga. Kekayaan org jahat sangat keji dimata-Nya. Kekayaan yang sementara dipinjam, Ingat harus dikembalikan. Ia tak memberi engkau miskin sampai mempermalukan nama-Nya.

Saya rata-rata mempersembahkan 8x lebih banyak dari persembahan gereja. Rp. 11,6 M,  persembahan utk Kin guru sekolah minggu, ditelusuri hampir tak ada persembahan besar dari orang kaya. Uang di tanganmu hanya ujian, engkau bagaimana menjadi orang yang setia kepada Tuhan.

Cerita  anak pembantu yang tinggal di rumah saya yang beragama Kristen . Pada saat anak ini umur 20 kerja di malaysia, saya minta dikenalkan mau lihat orang Kristen seperti apa dia. Saya beri uang, lalu anak tsb persembahkan 75% uang yg saya beri kepada gerejanya di kampung yg perlu dana pembangunan. Bagaimana besar pahala orang ini di surga? Majelis suka atur orang, tapi apakah mereka lebih mengerti pemberian seperti ini? Tuhan kita bukan Tuhan buta, sorotan mataNya menusuk seperti pedang. Jangan sombongkan kekayaan yang sementara diserahkan kepadamu.  Dalam kebaktian saya, persembahan menjadi ujian engkau bagaimana mengembalikan apa yg kau terima dari Tuhan.

Banyak orang mau besar tapi tak mau berbagian karena hitung kesulitan . Sangkal diri, pikul salib, ikut Yesus. Gereja ini maintenance per bulan 92jt/bln. Darimana uang? Kita harus berbagian. Mari kita berkata pada Tuhan, dalam Penginjilan dalam seminar, saya ingin berbagian. Tanpa maintenance gedung ini tak mungkin bersih tanpa debu. Kita utamakan Tuhan karena Tuhan beri kekayaan dan kemiskinan untuk menguji kamu.

Paulus : I know how to deal with wealthy  And poverty. Engkau harus punya tulang punggung yang kuat tapi harus mengerti konsep bahwa You are the king of all glory, and honour & power. Charles Colson, dalam buku kingdoms of conflict. Kita WN Indonesia dan WN surga. Karena kuasa dari Tuhan. Tidak ada kekuasaan yang tidak dari Tuhan, karena itu patuhlah. Kata ini paling disukai pemerintah komunis dan memanfaatkan kata-kata dalam Alkitab. Tapi mereka catut kalimat ke dua Roma 13. Komunis mau rakyat taat pada dia, tapi sendiri tak mau taat pada Allah. Adakah negara komunis yang bertahan? Tidak ada. Karena kerajaan dunia tidak kekal.

Alkitab katakan kerajaan mlikMu, meski diatas tanah rejim berganti dari Soekarno ke Soeharto. The God is the king of king and never replaced, always sitting at his throne forever and ever. Orang Kristen sejati mengerti kalimat ini bukan main-main .

The authority of god, Goverment & people. Mana yg lebih tinggi? Mana lebih besar? Siapa menguasai siapa? Meski Jokowi dipilih oleh rakyat, kuasa Allah yang tertinggi. Komunis tak percaya kuasa Allah, tapi waktu Allah menghentikan komunisme, mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Lenin berhenti, lalu Gorbachev, ke china kaget 1 juta orang demo anti komunis, akhirnya Gorbachev sadar lalu kembali berhentikan uni soviet dan Yeltsin naik jadi presiden negara Russia.

Yesus tak ada gedung, partai, uang, harta. Tak punya apa pun dalam sejarah. Tapi mengatakan segala kuasa punya Tuhan Allah. Begitu banyak kita ingin merampas dan memiliki hal yang tidak penting di dunia ini.

Pilatus berkata pada Yesus : tidak tahukah kamu, saya berkuasa menyalibkan atau melepasmu? Yesus menjawab: jika kuasa bukan dari atas, engkau tidak berhak menyalibkan atau melepaskan saya. Pilatus yang mengerti politik heran, kuasa milik Tuhan Allah. 2000 tahun kemudian Pilatus gila dan dipulangkan ke desanya, di Switzerland ada gunung Pilatus tempat dia pulang, tiap hari cuci tangan karena ada darah Yesus. Menjadi gila.

Dalam sejarah politik berubah. Tapi Tuhan bertahta. Tuhan beri Belanda 350 tahun beritakan injil, tapi mereka malah lebih utamakan mencari untung. Jika Belanda hari ini masih menjajah, gereja tak akan jadi besar. Periode akhir Belanda jajah Indonesia, tahun 1965 irian jaya bergabung masuk Indonesia &  yang pertama injili adalah orang pantekosta yang pentingkan Yesus yang tersalib mati bagi manusia. Kalau gereja menjadi liberal, gereja akan tutup pintu. Gereja yang beri segala usaha untuk beritakan injil terus maju.

Kuasa dari Allah. Waktu Firaun mimpi tujuh ekor sapi kurus memakan tujuh ekor sapi gemuk. Lalu tak mengerti artinya dan terus cari penafsir mimpi tapi tak ditemukan. Lalu Yusuf dipanggil dan menjelaskan tentang tujuh tahun kelaparan. Firaun gusar, namun Yusuf, orang yg takut pada Tuhan meski miskin tak gentar. Tuhan menunjuk Yusuf menjadi perdana menteri lewat cara yang unik. Tuhan sanggup membuat white house dipimpin black man.

Waktu Soekarno mau jadi presiden seumur hidup, ia diberhentikan. Waktu ia masih hidup kuasa begitu besar, ia sudah menjadi orang yang tidak berpendirian. Nebukadnezar mau berkuasa sombong, direndahkan. Beltsazar sombong, gunakan barang suci untuk menjamu dubes negara asing. Tuhan menimbang kekuasaan Beltsazar, malam itu juga musuh Babylon menyerang dan negara dikuasai. Musuh menggali sungai Tigris puluhan kilometer lalu merebut Babylon.

Kiranya tak ada orang boleh merebut kuasa dari Tuhan. Kemuliaan dari Tuhan untuk selama-lamanya. Amin.

Sumber : Sharing Catatan Kotbah Pdt Dr Stephen Tong – Seri Doa Bapa Kami – 7 Desember 2014/https://www.facebook.com/notes/10153443187383677/