Dr. Stephen TongBersyukur pada Tuhan, Kebaktian Pembaruan Iman Nasional (KPIN) Tangerang, di tengah-tengah minggu hujan, langit mendung, tapi hujan berhenti dan baru mulai gerimis saat berakhir kebaktian. Hari ini saya kotbah dua kali di Jakarta, dan sore dua kali di Singapura lalu besok terbang ke medan dan ke aceh. Lebih dari 100 kota dari Aceh. Daerah paling ketat dan radikal kita adakan KPIN. Ini bulan yang sibuk Tanggal 6 Desember kita seminar Allah Tritunggal. Seminar ini 30 tahun lalu diadakan tahun 1984. Ada 4 sesi, 4 pengkotbah lain masing-masing 20 menit. Dalam 3 tahun kita harap generasi muda Indonesia mendapat ajaran yang ketat dan doktrin-doktrin penting.

Hari ini kita akan melanjutkan Doa Bapa Kami. Kita sampai pada Kalimat terakhir doa bapa kami “karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya.” Sudah berbulan-bulan kita bahas doa bapa kami. Kita akan cetak buku 10 hukum Allah. Dan bulan depan lagi kita akan cetak buku doa bapa kami. Mengapa kita bahas sampai berbulan-bulan? Karena kelimpahan yang ada dalam doa bapa kami.

Kalimat terakhir menurut Yesus Kristus adalah karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Atau seluruh dunia hanya Engkau yang memiliki kuasa. Dalam pikiran Yesus Kristus, Allah adalah pusat dan yang akan menggenapi rencananya dalam alam semesta. Allah kita adalah Allah yang berkehendak, berprovidensi akan semua ciptaanNya.

Dengan konsep ini Doa Bapa Kami berbeda dengan doa-doa agama lain. Doa bapa kami menjadi pusat sasaran tertinggi dan terakhir hidup kita di dunia ini. Ketika kita berdoa, kita sedang berdoa pada yang kekal, yang berbijaksana. Kita minta apa pun, dari raja presiden bukan sesuatu yang penting. Tapi kita datang pada Tuhan yg menjadi pokok bijaksana dan sumber otoritas segala kebenaran. Minta pada Tuhan jauh lebih penting dari segala permintaan kepada orang lain.

Ketika minta pada papa mama, kita mengikuti prinsip orang yang kita minta. Saat umur kecil, saya ingin punya piano, tapi tak bisa minta pada orang tua. Apa yang saya inginkan saya tidak dapat. Pada saat kita memberi sesuatu pada anak-anak, kita dikondisikan oleh pengertian yang sering salah. Contoh waktu seorang kecil hidup miskin dan berkonsep, apa yang ia tidak dapat waktu kecil, akan ia belikan pada anak di waktu besar. Side effects mulai timbul. Kekurangan berpengharapan untuk mendapat sesuatu yang diinginkan mengikis daya juang anak. Waktu Rockefeller kecil dijanjikan sepeda jika lulus ujian. Maka ia giat belajar dalam 8 bulan, maka dia dilatih kesabarannya. Inilah sekarang yang kurang pada anak-anak. Anak-anak sudah tidak ada jiwa menanti, berjuang supaya mendapat sesuatu yang berjuang dalam hidupnya.

Anak-anak sekarang sudah menjadi mesin yang mempermainkan diri sendiri. Semangat kerja keras sudah tidak ada. Saya sangat setuju problem modern. Kemiskinan rohani dibentuk oleh ini. Kita harus belajar bagaimana Tuhan membentuk anak-anak. Siapakah sumber kebenaran yg lebih dari Allah ? Tidak ada. Tuhan membiarkan manusia miskin agar kerja berat. Allah bukan tidak bisa, tapi tidak rela membiarkan hal-hal yang merusak karakter. Allah ingin menanamkan modal kerja keras.

Kamu yang dilahirkan dalam keluarga kaya celakalah kamu, karena tidak pernah mengetahui apa yang tidak kamu miliki. Jika kita diijinkan kemiskinan, dalam kegagalan, jangan mengeluh, menghakimi Tuhan yang mengijinkan kita gagal. Saat-saat itu rencana Tuhan yang baik dalam membentuk karakter kita setia pada Tuhan. Daud anak bungsu yang terakhir, dihina oleh kakak-kakaknya. Daud membawa makanan pada kakak-kakaknya ia melihat Goliat yang besar dan ingin melawan, tapi dihina.

Tadi saya lihat lebih dari 100 anak-anak di panggung, saya tahu lima tahun lagi mungkin mereka menjadi orang penting dalam masyarakat. Kita harus turut membentuk hari depan mereka. Saul gagah perkasa, saat ia dilantik Tuhan kirim Goliat yg tiga kali lipat gagahnya, sehingga Saul menjadi ciut. Tapi Tuhan kirim Daud yang kecil untuk melawan Goliat. Saat saya umur 17 saya janji mau bawa orang lebih banyak pada Tuhan. Banyak orang hina. Lebih setengah abad saya mengerjakan pekerjaan Tuhan.

Waktu Yesus diberitahu kawanmu yang kau kasihi sakit, hingga Lazarus sudah mati empat hari baru Yesus datang ke Betani untuk menyatakan kehadiran Tuhan. Daud dibiarkan alami kesulitan demi kesulitan. Daud menulis “I waited for The Lord and he inclined unto me.” mari kita mempelajari doa ini: aku tekun.

Segala sesuatu berasal, bergantung dan akan kembali pada Tuhan, karena Dia sang pencipta, penopang. Ini ada dalam Roma 11:36 yang saya kotbahkan 14 tahun lalu dengan teliti setiap minggu satu ayat. Pengertian ini menjadi dasar dalam kalimat Yesus. Jika kita mengerti kalimat Tuhan, kita menjadi sabar mengapa permintaan kita tidak dijawab Tuhan.

Tuhan berkata “My time is not yet come” , maka kamu harus tunggu, jangan gelisah. Kita sering ingin cepat sampai, ingin paksa Tuhan. Banyak orang tidak sabar, doa tidak dikasih. Diluar sang pencipta langit dan bumi, tidak ada Allah. Jika engkau dapat sesuatu yang bukan dari Allah, pasti penipuan setan. Kadang doa kita tidak sabar akhirnya kita sembarangan bertindak.

Kemarin saya naik subway. Saya ketemu lift dan tak usah naik eskalator. Saya naik kursi roda dan tunggu lift. Disana ada orang tua yang lain. Di depan lift, ada macet. Setengah jam di depan, mulai starting point of socialization. Saya tanya “anda umur berapa? Sekarang makan obat apa ya?” tiap tingkat umur ada tema pembicaraan. Lalu tunggu tak sabar orang tersebut pergi, ternyata tiga detik kemudian pintu terbuka. Kalau tidak sabar menantikan kehendak Tuhan, kita ambil jalan pintas. Jangan sembarangan ambil jalan pintas, karena dalam jalan pintas banyak jebakan iblis.

Dalam karya Felix Mendelssohn, lagu ini diciptakan “I waited for The Lord”. Jika Tuhan tak kabulkan doa kita, karena waktunya belum sampai. Tahan nafsu, sabar, tunggu, kiranya kehendak Tuhan yang jadi. Dalam kitab suci ada contoh orang-orang yang besar tidak dikabulkan doanya oleh Tuhan :

1. Nabi Elia.

Yang mewakili nabi seluruh perjanjian lama adalah Elia. Elia adalah orang yang memiliki doa yang luar biasa, dia berkata jika ia tidak berdoa tiga tahun enam bulan tidak turun hujan. Semua tanah kering dan pecah seperti kulit kura-kura. Dalam satu lagu Mendelssohn dalam oratorio Elijah, anak-anak berkeliaran di jalan mencari makanan, indahnya luar biasa. Karena seorang rohani yang pengaruh besar pengaruhi seluruh Israel. Doa orang benar besar kuasanya. Tuhan akan mengkonfirmasi doa orang benar.

Tapi Elia yang begitu agung, doanya pernah tidak diterima. Elia minta mati. Ini bukan saja terjadi karena bosan hidup, bukan patah hati atau bangkrut. Doa Elia karena motivasi yang agung. Silahkan ambil nyawaku, karena aku tidak lebih baik dari nenek moyangku. Setiap jaman maju jika ada generasi muda yang ingin melampaui semua orang yang agung. Mungkinkah kita lebih hebat dari John Sung? Andrew Gih? Mungkin tapi kita harus memiliki ambisi yang besar.

Dalam kitab suci hanya sekali doa minta mati karena menyesal tak melampaui nenek moyangnya. Tuhan tidak saja tak kabulkan namun Tuhan memberikan roti untuk dimakan. Itu namanya Kebaktian Kebangunan Rohani ditambah Kebaktian Penyegaran Rohani. Tuhan dengar semua doa Elia, tapi tak ijinkan doa Elia yang meminta mati. Elia makan roti satu hari dan lari 40 hari. Anything you plea to me i cant give, because my time is not come yet.

 2. Paulus

Paulus berbeda. Elias yang kuat minta mati. Paulus yang lemah minta mati. Paulus minta singkirkan kelemahan tubuh darinya. Tuhan suruh melalui orang supaya paulus tidak doa lagi minta Tuhan mencabut duri dari hidupnya. Karena apa? Karena anugrah Allah cukup bagi Paulus. Hari ini orang Kristen mau hadiah, reward, tidak mau salib. Allah tidak mau menjawab sesuai yang diminta Paulus. Saya juga minta supaya batuk berkepanjangan tidak mengganggu saya, tapi Tuhan tidak hilangkan. Pesuruh dari setan yang mengganggu hamba Tuhan. Tuhan selalu ijinkan orang yang melayani Tuhan diganggu. Do not according to your will but my will.

3. Yesus Kristus

Pernahkah doa Yesus tidak dikabulkan? Di Getsemani. “kalau boleh biarkan cawan ini disingkirkan daripadaku”. Kenapa Tuhan tidak mendengar? Apakah engkau lebih tinggi dari Elia? Paulus, Yesus Kristus? Jika mereka tak didengar Tuhan, hak apa kamu memaksa Tuhan harus mengabulkan doamu.

John Sung punya borok yang bisa masuk tangan. Mengapa Tuhan tak sembuhkan dia? Because my grace is sufficient for you. Saya tanya, apakah yang diminta Yesus Kristus? Cawan itu. Yesus tidak takut mati, ia harus mati. Tapi mengapa Yesus minta cawan pahit disingkirkan?

Cawan pahit bukan kematian, bukan penderitaan. Cawan pahit adalah keterpisahan Allah Anak dan Allah Bapa. Martin Luther berjam-jam merenungkan dan tidak mengerti ayat ini. Allah Bapa meninggalkan Allah Anak.

Di kayu salib Yesus menyatakan tujuh perkataan salib yang mengulang kata “My God”. Kemanusiaan Yesus dibuang oleh Allah Bapa saat Yesus datang ke dunia. Yesus minta cawan pahit disingkirkan karena perpisahan adalah hal yang mutlak. Propisiasi adalah cara mutlak untuk penebusan dosa dunia.

Ketiga doa orang besar ini tidak dijawab oleh Allah. Semua anugrah terkait jadi satu. Yesus dibuang Allah karena untuk menebus manusia. Tidak ada hal diluar agama yang bisa menjawab ini.

Doa pendiri agama semua mati dalam kuburan. Hanya Yesus Kristus bangkit. Jika engkau sungguh-sungguh mengerti ketiga kalimat ini. Karena Yesus telah disembelih, Ia layak menerima kemuliaan, kuasa, hormat. Melalui Kristus kita diperdamaikan, dipersatukan dengan Allah.

Negara Indonesia dipercayakan dipimpin dipinjamkan sebentar pada Soekarno, Soeharto dst. Tidak ada penguasa yang kekal. Handel berkata the “kingdom of this world is become”. Kita bukan di akhir, kita dalam situasi temporal. Kerajaan dimiliki oleh Tuhan Allah dan kita tak boleh guncang.

Pada waktu Setan mencobai Yesus, segala kekuasaan, kemuliaan di tangan saya. Yesus terima tidak? Tidak. Karena kerajaan punya Allah bukan setan. Yesus tidak mau karena tidak ada konversasi. Kalau kita tahu siapa setan, kita tak akan takluk. Apakah setan berhak beri segala sesuatu pada Yesus?

Jika saya jual tanah 300 hektar sebesar 300 juta rupiah. Pembuktiannya, surat hak milik saya. Tapi jika engkau tahu surat tersebut palsu, masihkah engkau mau membeli? Tidak. Setan menawarkan sesuatu yang bukan hak miliknya, Setan sedang mengerjai Yesus Kristus. Jika Yesus tamak, dan menyembah Setan, semua milik Yesus, tapi dia memiliki hak yang salah, karena setan bukan pemiliknya. Jikalau Yesus tunduk saja pada Setan, kita tak usah kerja berat menjadi orang Kristen, karena whole world given to Jesus. Tapi akhirnya kita dimiliki oleh Setan. Jesus no compromise no conversation, stop here.

Ada cerita seorang suami suka koleksi jamrud, suatu hari seorang datang tawarkan jamrud pada kamu harga murah. Engkau langsung telepon suami. Suami pulang. Lalu mengecek. Lalu suami ambil uang. Padahal suami keluar cari polisi untuk tangkap penjual itu yang jual jamrud curian. Ternyata jamrud itu bekas punya suamimu. Inilah peristiwa yg persis seperti pencobaan di gurun. Hak apa Setan memberikan segala sesuatu yang milik Tuhan kepada Tuhan?

Setan merasa diri penghulu malaikat, lebih. tinggi dari manusia. Yesus datang sebagai manusia, lebih rendah sedikit dari malaikat. Ini suatu rohani yang luar biasa rumit. John Milton seorang sastrawan puritan, melalui pengertian kitab suci berkata dalam syairnya, paradise lost & paradise return, John Milton menulis asal-usul seluruh dunia.

Yesus memiliki kepekaan luar biasa sehingga ia tak mau kompromi dan berkata be gone. Inilah Yesus yg berkata for thine is the glory. Jika engkau tamak, engkau akan tambah kekayaan yg bukan dari Tuhan. Kekayaan yg dari Tuhan mungkin engkau rugi dulu. Mengapa engkau terima kekayaan dari setan bukan dari Tuhan. If my lost is according to the will of god, if all gain is by permission of the lord, terima!.

Sekarang banyak orang merasa.. Semua kelebihan yang dirancang oleh Tuhan, baik adanya karena kuasa, mulia milik Tuhan. 40 tahun lalu Richard Nixon, seorang republik, pintar tapi tak sekolah tinggi, sederhana ia membuat Amerika punya martabat luar biasa. Tapi kali ke dua mau naik presiden dia curi dengar rapat kubu demokrat. Kongres Amerika kerjakan upaya jatuhkan presidennya. Tahun 72 nixon pecahkan es cairkan hubungan Amerika-China. Waktu parlemen mau jatuhkan impeach Nixon, Tiongkok hibur dia. Pertama dalam sejarah America seorang presiden mengundurkan diri. Saya dengar langsung siaran Nixon undurkan diri. Kita melihat dosa mengurangi kemuliaan manusia. Salah satu yang ditangkap, senator Charles (Chuck) Colson, seorang Kristen tapi ikut mencuri dengar, dia telah menjual diri pada iblis. Chuck Colson menulis buku dalam pertobatan, ia berjanji memperbaiki nasib seluruh kriminal dalam penjara. Saya bicara pada Colson, dia membentuk persekutuan penjara dunia. Prison Fellowship.

Chuck Colson menulis “Kingdoms of conflict” dimana kita menjadi medan peperangan kerajaan Allah dan dunia. Conflict of interest. Saat orang Kristen hidup di Republik Indonesia, ia adalah warga negara surga. Buku ini punya pandangan teologi luar biasa, meski Colson bukan seorang teolog. Republik Indonesia bukan milik presiden tapi milik Allah. Semua presiden ini hanya dipinjamkan oleh Allah. Tuhan menguji, siapakah yg setia pada kerajaan Allah siapa yang setia pada kerajaan dunia. Setiap orang Kristen mempunyai Negara yang asli, negara yang sementara dan negara yang kekal.

Dalam kitab mazmur dan wahyu, Kristus akan memakai tongkat besi menghancurkan pemerintah yang tidak beres. Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Inilah doa kita, karena Allah mengirim Yesus ke dalam dunia untuk berkata pada pilatus my kingdom is not from this world.

Dimanakah kerajaan mesir? Babilonia? Romawi? Engkau harus nyatakan kuasa kemuliaan Allah dalam kerajaannya melampaui kerajaan dunia untuk memuliakan Nama Tuhan dalam dunia ini.

Sharing Catatan Kotbah Pdt.Dr Stephen Tong – Seri Doa Bapa Kami – 30 November 2014, https://www.facebook.com/notes/10153425189828677/