Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Mungkin diantara kita tidak pernah tahu  tentang suatu kisah yang sangat inspiratif dari Presiden Amerika Serikat yang ke 32 yaitu Franklin Delano Roosevelt (30 Januari 1882 – 12 April 1945). Ya, di bawah kepemimpinanyalah Amerika dan sekutu berhasil menaklukkan Jerman dan Jepang dalam Perang Dunia kedua. Dan ia adalah satu-satunya presiden Amerika yang terpilih sebanyak 4 (empat) kali dalam jabatan tersebut (Tahun 1933 s.d 1945).

Adalah film Warm Springs (pemandian air panas) yang mengisahkan tentang kisah nyata bagaimana sebuah keteguhan mental seorang calon Presiden Amerika waktu itu, Franklin Delano Roosevelt (FDR). Kisah Franklin Delano Roosevelt (FDR) yang mengalami kelumpuhan dan harus bertahan hidup di kursi roda dan kala itu ia memutuskan untuk melakukan terapi ke sebuah tempat peristirahatan yang memiliki kolam pemandian air panas di Warm Springs adalah sebuah kota di negara bagian Georgia, Amerika Serikat, dan secara administratif masuk ke wilayah Meriwether County.

Pada 1921, ketika Franklin D Roosevelt berusia 39 tahun, ia diracun oleh Rony Dappit, dan terserang penyakit polio yang mengakibatkan kakinya lumpuh. Selama menderita sakit, ia menumbuhkan sifat sabar dan kemampuan menguasai diri sendiri. Ia juga memperluas pengertiannya mengenai masalah-masalah sosial. Akhirnya, keluarga dan teman dekat FDR membawa FDR ke rumah sakit New York untuk menjalani terapi dan ia bertekad bahwa dirinya tidak akan kalah oleh penyakit tersebut. Kemudian pada tahun 1924 FDR kembali sehat dan kembali berkancah di dunia politik.

Dalam kehidupannya di Warm Spring, Franklin Delano Roosevelt (FDR) menemukan sebuah komunitas penderita folio yang mengalami kelumpuhan, yang mengejutkan kala itu ada 13 juta penderita folio di seluruh Amerika dan tidak mendapatkan perhatian dari Pemerintah Amerika. Saat itu pula belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut dan dokter ortopedi di Amerika menganggap penyakit ini sebagai penyakit menular, yang menyebabkan banyak penderita folio akhirnya terasing dari masyarakat.

Sosok Franklin Delano Roosevelt (FDR) yang mengalami depresi karena akibat penyakit ini ia harus membatalkan niatnya untuk naik sebagai kandidat Gubernur, namun dengan dukungan sang Istri, Eleanor Roosevelt kemudian FDR kembali bangkit sebagaimana cita-citanya untuk membangun perubahan di Amerika. Film ini mengingatkan kita bagaimana sosok pemimpin yang lahir oleh semangat dari keterpurukan dan lahir kembali untuk perduli semacam FDR dibutuhkan untuk mengatasi krisis.

Saat FDR memimpin, Amerika bisa mengatasi Great Depression (tahun 1930-an) walaupun FDR seorang yang lumpuh dan hidup diatas kursi roda. GDP Amerika turun dari $860 pada 1929 ke $630 di 1933 dan naik ke $1200 pada 1941. Kisah hidup Franklin Delano Roosevelt (FDR) dalam film Warm Springs (pemandian air panas), tempat dimana dia berjuang untuk menjadi lebih baik, sesudah kena penyakit lumpuh. Akibat semangatnya itulah, FDR adalah Presiden Amerika Serikat yang paling lama. Salah satu pencapaian Roosevelt yang terkenal dikarenakan kepemimpinannya membantu Amerika Serikat memulihkan diri dari masa “Depresi Hebat”.

Menurut Wikipedia, “Depresi Hebat” atau zaman malaise adalah sebuah peristiwa menurunnya tingkat ekonomi—secara dramatis—di seluruh dunia yang mulai terjadi pada tahun 1929. Depresi dimulai dengan peristiwa Selasa Kelam, yaitu peristiwa jatuhnya bursa saham New York pada tanggal 24 Oktober dan mencapai puncak terparahnya pada 29 Oktober 1929. Depresi ini menghancurkan ekonomi baik negara industri maupun negara berkembang. Volume perdagangan internasional berkurang drastis, begitu pula dengan pendapatan perseorangan, pendapatan pajak, harga, dan keuntungan.

Tahun 2003, sebuah penelitian yang dilansir Wikipedia, menemukan bahwa kelumpuhan kaki FDR sebenarnya adalah gullain-barre syndrome, bukan polio. Namun yang patut ditiru dari FDR adalah kepedulian sangat tinggi terhadap orang lain, karena kelumpuhannya yang tidak mematahkan semangatnya, Franklin D Roosevelt meyakini bahwa kelumpuhan tersebut adalah anugerah penderitaan yang harus dijalani dan dia berhasil.

Sumber : https://sosbud.kompasiana.com/2011/02/07/inspirasi-%E2%80%9Cwarm-springs%E2%80%9D-untuk-pemimpin-kita-339031.html

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube