Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Pada tahun pertama perkuliahan, sekelompok mahasiswa kedokteran mengikuti kelas anatomi mereka yang pertama. Mereka berkumpul mengelilingi meja bedah dimana terdapat tubuh seekor anjing yang telah mati. Profesor memulai kelas dengan mengatakan bahwa ada dua kualitas penting yang harus dimiliki oleh seorang dokter.

 “Pertama, JANGAN PERNAH MERASA JIJIK TERHADAP SEGALA HAL MENGENAI TUBUH.”

Dan sebagai contoh, beliau pun memasukkan jarinya ke dalam mulut anjing tersebut dan kemudian mengecap sendiri dengan mulutnya.

Kemudian beliau meminta para mahasiswa untuk melakukan hal yang sama. Tentu saja mereka merasa ragu untuk beberapa saat. Namun pada akhirnya mahasiswa-mahasiswa tersebut mengikuti aksi sang Profesor, mereka memasukkan jari ke mulut anjing tersebut dan kemudian mengecap jari masing-masing.

Saat semua mahasiswa selesai melakukannya, Professor menatap murid-muridnya tersebut dan berkata:

“Kualitas penting kedua adalah OBSERVASI, saya memasukkan jari tengah ke dalam mulut anjing ini tetapi kemudian saya mengecap jari telunjuk saya.”

“Nah sekarang, belajarlah untuk memperhatikan!!”

Kisah motivasi di atas ini cukup jenaka namun tersirat pula pesan moral yang dalam. Hidup itu sulit, setiap manusia di dunia ini pasti akan mengakui kebenaran hal ini. Namun yang mesti kita renungkan adalah, hidup ini akan lebih sulit lagi apabila kita tak pernah peduli dan memperhatikan keadaan.

Sumber : https://1001motivations.blogspot.com/2010/10/observasi.html

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
Facebooktwitterlinkedinrssyoutube