Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Banyak pelajaran yang dapat diambil dari alam sekitar kita. Sebagai contoh, pepohonan. Menurut buku ”The trees Around Us”, pepohonan memiliki peranan besar bagi kehidupan di bumi. Hutan menutupi hampir sepertiga lahan yang ada di planet kita. Mereka membantu melindungi, menjaga, meningkatkan suplai air segar untuk manusia. Mereka menyaring udara, menyerap karbon dioksida, air, mineral dan cahaya matahari menjadi nutrisi dan oksigen. Banyak tumbuhan, serangga, jamur, dan organisme lainnya bergantung dibawah bayangan, kelembaban dan gulma yang dihasilkan pepohonan. Selanjutnya, lingkungan yang disediakan oleh pepohonan mendukung berbagai macam reptil, burung dan mamalia.

Sebagai manusia, apa pelajaran yang bisa kita ambil dari pepohonan tersebut :

  1. Jadilah fleksibel, Pohon yang menekuk karena terpaan angin nantinya akan tumbuh kokoh diterpa angin kencang. Persamaannya, jika kita menjaga tingkat fleksibilitas dalam tingkah laku dan cara berpikir, kita tak akan hancur diterpa kritik ataupun perlawanan.
  2. Hargai setiap hal yang kecil, Dedaunan memang kecil ukurannya namun penting untuk keberlangsungan hidup sebuah pohon. Persamaannya, tunjukkan ekspresi ,keberanian dan penghargaan walaupun hanya diucapkan dalam bentuk yang sederhana contohnya “terima kasih” dapat meningkatkan semangat bagi penerimanya. Sebaliknya bila mereka tidak merasa tenang, motivasi dan dukungan orang lain yang bekerja bersama kita akan mati diwaktu awal.
  3. Jangan merasa terintimidasi dengan hal-hal kecil. Pohon oak tumbuh dari bibit yang kecil. Persamaannya,Suatu usaha bila kita dipenuhi oleh motivasi yang besar dan penyelesaian yang pintar akan mencapai kesuksesan. Ingatlah bahwa pohon oak raksasa tumbuh dari sepotong bibit sebesar kacang.
  4. Jangan takut untuk berubah. Sebagaimana yang tertulis dibuku “ The broken God”, sebuah biji pohon tidak akan takut untuk pecah hanya untuk bisa menjadi sebuah pohon. Segarkanlah diri anda dengan membiarkan masa lalu dan melangkah kedepan ke sesuatu yang baru.
  5. Bekerjalah bersama. Dihutan, satu pohon mendukung pohon yang lain. Bahkan sebuah pohon raksasa dapat bertahan dari terpaan karena menyambung akarnya dengan akar pohon disekelilingnya. Sejauh mana dukungan yang anda bagi dengan orang-orang disamping anda? Bekerja sama, dapat mencapai hasil lebih banyak dari yang dihasilkan oleh perseorangan, seringkali juga membuat perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan.
  6. Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan. Sebagaimana kita tahu, pepohonan menyediakan lingkungan yang mendukung berkembangnya bentuk kehidupan lainnya, termasuk pohon kecil lain yang tumbuh dari jenisnya. Karakter pemimpin yang penting adalah menyediakan lingkungan yang mengarahkan orang lain agar dapat memikul tanggung jawab yang besar sehingga mereka dapat belajar mengembangkan jiwa kepemimpinan.
  7. Kembangkan tatanan nilai. Pepohonan memiliki system akan yang luas. Beberapa pohon malah memiliki akar jauh lebih besar dari belalai dan bisa menembuh tanah hingga ratusan kaki untuk mendapatkan sumber air utama. Bagaimana dengan sistem akar kita? Apakah dalam dan kuat secara prinsipil serta bernilai sehingga bisa menunjukkan arah ketika diperlukan suatu keputusan untuk menentukan tujuan hidup.

Sumber :https://indonesia.heartnsouls.com/cerita/q/c1661.shtml

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube